Selenoid
Solenoid valve pneumatic adalah katup yang digerakan oleh energi
listrik, mempunyai kumparan sebagai penggeraknya yang berfungsi untuk
menggerakan plunger yang dapat digerakan oleh arus AC maupun DC.
Solenoid valve pneumatic atau katup (valve) solenoida mempunyai lubang
keluaran, lubang masukan, lubang jebakan udara (exhaust) dan lubang
Inlet Main. Lubang Inlet Main, berfungsi sebagai terminal / tempat udara
bertekanan masuk atau supply (service unit), lalu lubang keluaran
(Outlet Port) dan lubang masukan (Outlet Port), berfungsi sebagai
terminal atau tempat tekanan angin keluar yang dihubungkan ke pneumatic,
sedangkan lubang jebakan udara (exhaust), berfungsi untuk mengeluarkan
udara bertekanan yang terjebak saat plunger bergerak atau pindah posisi
ketika solenoid valve pneumatic bekerja.
Prinsip Kerja
Prinsip kerja dari solenoid valve/katup (valve) solenoida yaitu katup
listrik yang mempunyai koil sebagai penggeraknya dimana ketika koil
mendapat supply tegangan maka koil tersebut akan berubah menjadi medan
magnet sehingga menggerakan plunger pada bagian dalamnya ketika plunger
berpindah posisi maka pada lubang keluaran dari solenoid valve pneumatic
akan keluar udara bertekanan yang berasal dari supply (service unit),
pada umumnya solenoid valve pneumatic ini mempunyai tegangan kerja
100/200 VAC namun ada juga yang mempunyai tegangan kerja DC.
Gambar struktur fungsi solenoid valve pneumatic
Berikut keterangan gambar Solenoid Valve Pneumatic:
- Valve Body
- Terminal masukan (Inlet Port)
- Terminal keluaran (Outlet Port)
- Manual Plunger
- Terminal slot power suplai tegangan
- Kumparan gulungan (koil)
- Spring
- Plunger
- Lubang jebakan udara (exhaust from Outlet Port)
- Lubang Inlet Main
- Lubang jebakan udara (exhaust from inlet Port)
- Lubang plunger untuk exhaust Outlet Port
- Lubang plunger untuk Inlet Main
- Lubang plunger untuk exhaust inlet Port
Kompressor diaktifkan dengan cara menghidupkan penggerak mula umumnya motor listrik. Udara akan disedot oleh kompresor kemudian ditekan ke dalam tangki udara hingga mencapai tekanan beberapa bar. Untuk menyalurkan udara bertekanan ke seluruh sistem (sirkuit pneumatik) diperlukan unit pelayanan atau service unit yang terdiri dari penyaring (filter), katup kran (shut off valve) dan pengatur tekanan (regulator).
Service unit ini diperlukan karena udara bertekanan yang diperlukan di
dalam sirkuit pneumatik harus benar-benar bersih, tekanan operasional
pada umumnya hanyalah sekitar 6 bar. Selanjutnya udara bertekanan
disalurkan dengan bekerjanya solenoid valve pneumatic ketika mendapat
tegangan input pada kumparan dan menarik plunger sehingga udara
bertekanan keluar dari outlet port melalui selang elastis menuju katup
pneumatik (katup pengarah/inlet port pneumatic). Udara bertekanan yang
masuk akan mengisi tabung pneumatik (silinder pneumatik kerja tunggal)
dan membuat piston bergerak maju dan udara bertekanan tersebut terus
mendorong piston dan akan berhenti di lubang outlet port pneumatic atau
batas dorong piston.
Jika anda berminat untuk membeli barang tersebut, info lebih lanjut silhkan hubungi no.hp atau kunjungi alamat toko.
Jika anda berminat untuk membeli barang tersebut, info lebih lanjut silhkan hubungi no.hp atau kunjungi alamat toko.
Hub Admin
Fandy : 081230003591 (wa)
Erlin : 081332029303 (wa)
Alamat Toko:
Jl. Ploso Baru no.26, Kec : Tambaksari,
Kel : Pacar Kembang, Surabaya. (60132)
info* : Pengirim dari Surabaya
note* : sebelum beli diharapkan
tanya dulu.
*barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan, kecuali ada perjanjian sebelumnya*
Komentar
Posting Komentar