Adaptor lubang 3 dan 6 berbagai macam variasi dan warna
Menginginkan mobil dengan wheel track (jarak roda kiri dan kanan)
yang lebih lebar? Jawabanya ada dua, bisa simpel namun bisa juga cukup
rumit.
Kita ambil yang rumit terlebih dulu. Mengganti gardan
dengan sumbu lebih lebar (untuk solid axle) atau pada mobil bersuspensi
independen, mengganti peranti swing bar dengan yang lebih lebar dan as
roda, yang pasti ditebus dengan harga tak murah.
Namun jika kita
inginkan cara yang simpel, maka cukup menambahkan peranti adaptor
ataupun spacer saja. Berupa piringan logam dengan ketebalan tertentu
yang dipasang di antara pelek dan hub roda.
“Umumnya
kita mengenal dua jenis ‘ganjal’ yang banyak ditemui dipasaran. Kita
klasifikasikan sebagai spacer dan adaptor,” tutur Agus Prayitno dari
Toko 79 di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Utara.
“Spacer adalah
ganjal berupa piringan yang diselipkan pada tatakan baut roda sebelum
ban dipasang, namun ketebalannya terbatas, sesuai panjang baut rodanya,”
sahut Enyo Sidarto dari Your Fabrication, Cipinang, Jakarta Timur.
Berbeda
dengan pengertian adaptor. Walau berfungsi sama dengan spacer, namun
adaptor dipasang dengan cara diikat pada baut roda, sesuai dengan PCD
(pitch circle diameter).
“Dari sini kita bisa menentukan PCD yang
kita butuhkan. Bisa tetap dengan PCD lama atau bisa juga dengan PCD yang
sesuai dengan pelek yang ingin diganti,” lanjut Enyo. “Mungkin
kemampuan mengadaptasikan PCD pelek baru dengan PCD baut pada roda ini,
asal nama adaptor muncul,” timbrung Agus.
Adaptor memiliki tebal berbeda-beda, namun biasanya memiliki ketebalan minimal 3 cm untuk menempatkan mur roda.
“Ukuran
adaptor yang tersedia di pasaran biasanya 3 cm hingga 5 cm. Namun bisa
saja kalo menginginkan tebal yang lebih dari itu dan sifatnya custom
atau dibuat sesuai dengan pesanan,” tutur Enyo.
Namun demikian perlu diingat bahwa ‘cara mudah’ ini ada konsekuensinya.
Penambahan ganjal dengan adaptor atau spacer tidaklah sesempurna mengganti lebar gardan atau axle, terlebih pada roda depan.
“Penambahan
ganjal ini sama sekali tidak merubah pivot point alias titik tumpu roda
untuk berbelok. Sehingga pada saat belok, roda bergerak melebar keluar
akibatnya radius putar menjadi lebih besar,” jelas Daniel Edward dari
MMC workshop.
“Menurut pengalaman saya lebar 5 cm merupakan lebar
maksimal yang bisa dipergunakan untuk adaptor walaupun tetap saja
memiliki pengaruh pada handling kendaraan. Tidak sebaik jika benar-benar
asli lebar tanpa ganjal,” kekehnya.
“Saran saya jangan lebih dari 5cm tebalnya karena dengan tebal minimal 3cm handling sudah menjadi lebih buruk,” tutupnya.
Jika anda berminat untuk membeli barang tersebut, info lebih lanjut silhkan hubungi no.hp atau kunjungi alamat toko.
Jika anda berminat untuk membeli barang tersebut, info lebih lanjut silhkan hubungi no.hp atau kunjungi alamat toko.
Hub Admin
Fandy : 081230003591 (wa)
Erlin : 081332029303 (wa)
Alamat Toko:
Jl. Ploso Baru no.26, Kec : Tambaksari,
Kel : Pacar Kembang, Surabaya. (60132)
info* : Pengirim dari Surabaya
note* : sebelum beli diharapkan
tanya dulu.
*barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan kecuali ada perjanjiang sebelumnya*
Komentar
Posting Komentar